Pariwisata



Benteng Kuto Besak

Lokasi : -

Kuto Besak adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Gagasan mendirikan Benteng Kuto Besak diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758 dan pelaksanaan pembangunannya diselesaikan oleh penerusnya yaitu Sultan Mahmud Badaruddin yang memerintah pada tahun 1776-1803. Sultan Mahmud Badaruddin ini adalah seorang tokoh kesultanan Palembang Darussalam yang realistis dan praktis dalam perdagangan internasional, serta seorang agamawan yang menjadikan Palembang sebagai pusat sastra agama di Nusantara. Menandai perannya sebagai sultan, ia pindah dari Keraton Kuto Lamo ke Kuto Besak. Belanda menyebut Kuto Besak sebagai nieuwe keraton alias keraton baru.

Benteng Kuto Besak dapat dicapai dengan menumpang taksi bandara langsung ke arah Benteng Kuto Besak. (siti)

Bukit Siguntang

Lokasi : kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I

Bukit Siguntang adalah tempat bersejarah di kota palembang. Di puncak bukit ini terdapat beberapa makam yang dipercaya sebagai leluhur warga Palembang. Hingga saat ini, Bukit dengan ketinggian ketinggian 29-30 meter dari permukaan laut ini, masih tetap dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Biasanya pengunjung yang datang akan melakukan ritual ziarah ke makam-makam para bangsawan Palembang zaman dahulu.

Jembatan Ampera

Lokasi : -

Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Jembatan Ampera, yang telah menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Jembatan ampera dapat dicapai dengan menumpang taksi bandara langsung ke arah Jembatan ampera. (siti)

Pulau Kemaro

Lokasi : -

Pulau Kemaro, merupakan sebuah Delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di daerah industri,yaitu di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong. Pulau kemaro berjarak sekitar 40 km dari kota Palembang. Pulau Kemaro adalah tempat rekreasi yg terkenal di Sungai Musi. Di tempat ini terdapat sebuah vihara cina (klenteng Hok Tjing Rio). Di Pulau Kemaro ini juga terdapat kuil Buddha yang sering dikunjungi umat Buddha untuk berdoa atau berziarah ke makam. Di sana juga sering diadakan acara Cap Go Meh setiap Tahun Baru Imlek.

Daya tarik Kemaro adalah Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau. Bangunan ini baru dibangun tahun 2006. Selain pagoda ada klenteng yang sudah dulu ada. Klenteng Hok Tjing Rio atau lebih dikenal Klenteng Kuan Im dibangun sejak tahun 1962. Di depan klenteng terdapat makam Tan Bun An (Pangeran) dan Siti Fatimah (Putri) yang berdampingan. Kisah cinta mereka berdualah yang menjadi legenda terbentuknya pulau ini.

Pulau Kemaro dapat dicapai dengan menumpang taksi bandara langsung ke arah Jembatan Ampera dan menumpang perahu ke Pulau Kemaro. (siti)

Sungai Musi

Lokasi : -

Sungai Musi adalah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dengan panjang 750 km, sungai ini merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang pun melintas di atas sungai ini. Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat.

Sungai Musi dapat dicapai dengan menumpang taksi bandara langsung ke Sungai Musi atau arah Benteng Kuto Besak. (kuroro)

Taman Kambang Iwak

Lokasi : Jalan Tasik Palembang

Taman Kambang Iwak merupakan taman kota yang sudah ada sejak tahun 1900-an. Taman yang awalnya dibangun untuk orang keturunan Belanda sebagai tampat olahraga ini, memiliki danau di bagian tengahnya. Selain berfungsi sebagai penghias taman, danau buatan ini juga memiliki fungsi praktis sebagai tempat menampung luapan air hujan, sehingga mampu menangkal banjir.

Di Palembang, Kambang Iwak merupakan tempat favorit bagi yang mau berolahraga pagi sembari rekreasi, tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis. Di sini ada jogging track, juga kolam dengan luas sekitar 750 meter. Tak hanya itu, ada juga tersedia fasilitas bersantai, termasuk arena bermain untuk remaja dan anak-anak.

Taman Kambang Iwak dapat dicapai dengan menumpang taksi bandara langsung ke arah Taman Kambang Iwak. (siti)

Taman Pelangi

Lokasi : Jakabaring

Taman Pelangi adalah tempat wisata malam yang terletak di Komplek Dekranasda Jakabaring Palembang.  Taman Pelangi Palembang diresmikan oleh Gubernur Sumsel H.Alex Noerdin pada tanggal 27 September 2014 dan diberi nama Taman Pelangi Sriwijaya. Sebelumnya Taman Pelangi telah terlebih dahulu dibangun di kota-kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Jogjakarta, dan Surabaya. Dan Taman Pelangi Sriwijaya merupakan Taman Pelangi yang terbesar di Indonesia dengan luas yang mencapai 16 hektar.