PALEMBANG

Jembatan Ampera Pic by : blog.reservasi.com

Palembang adalah salah satu kota besar di Indonesia dan merupakan ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan kota tertua di Indonesia, hal ini berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang. Bukit Siguntang yang berada di bagian barat Kota Palembang, hingga sekarang tempat tersebut masih dikeramatkan banyak orang dan dianggap sebagai bekas tempat suci di masa lalu. Prasasti bertuliskan huruf Pallawa dan mempergunakan bahasa Melayu kuno itu menyebutkan bahwa kota palembang

Kota Palembang terkenal sebagai kota industri dan kota perdagangan. Posisi geografis Palembang yang terletak di tepian Sungai Musi dan tidak jauh dari Selat Bangka. Hal ini menjadi anugerah alam yang sangat menguntungkan. Walaupun tidak berada di tepi laut, Kota Palembang mampu dijangkau oleh kapal-kapal dari luar negeri. Terutama dengan adanya Dermaga Tangga Buntung dan Dermaga Sei Lais. Selain itu, Kota Palembang terkenal sebagai kota tua, yang pernah menjadi pusat pendidikan agama Budha. Dahulunya, sebuah kerajaan jaya bernama ‘Sriwijaya’ berada di kota ini. Masih banyak peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang tersebar di seluruh kota dan sekitarnya, dan situs-situs ini masih belum terurus, seperti Beteng Kuto Besak yang bahkan menjadi polemik karena dijadikan tempat perniagaan.

Secara geografis wilayah Kota Palembang berada antara 2º 52’ – 3º 5’ LS dan 104º 37’- 104º52” BT dengan luas wilayah 400,61 Km² dengan batas-batas sebagai berikut :

  • Batas Utara : Kabupaten Banyuasin.
  • Batas Selatan : Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Banyuasin.
  • Batas Timur : Kabupaten Banyuasin.
  • Batas Barat : Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Kota Palembang terdiri dari 16 Kecamatan dan 107 Kelurahan dengan jumlah penduduk 1.708.413 jiwa (tahun 2012). Kecamatan dengan luas wilayah terbesar yaitu Kecamatan Sukarami (98,56 Km²), sedangkan kecamatan dengan luas terkecil yaitu Kecamatan Ilir Barat (6,5 Km²). Kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi terdapat di Kecamatan Ilir Timur I (13.882 jiwa/Km²), sedangkan kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk terendah yaitu Kecamatan Gandus (766 jiwa/ Km²).

Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi sebagai referensi ketika Anda berkunjung ke Kota Palembang.

  1. Jembatan Ampera.
  2. Benteng Kuto Besak.
  3. Sungai Musi.
  4. Monpera (Monumen Penderitaan Rakyat).
  5. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang.
  6. KIF  Park (Kambang Iwak Family).
  7. Pulo Kemaro.
  8. Taman Purbakala Bukit Siguntang.
  9. Hutan Wisata Punti Kayu.
  10. Kawah Tekurep.
  11. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.
  12. Museum Tekstil.
  13. Masjid Cheng Ho Palembang.
  14. Museum Balaputradewa.
  15. Kampung Kapitan.
  16. Kampung Arab Al Munawwar 13 Ulu.
  17. Bagus Kuning.
  18. Pusat Kerajinan Songket.
  19. Fantasy Island.
  20. Jakabaring Sport City.
  21. Sungai Gerong.
  22. Waterboom OPI Jakabaring.
  23. Museum PeninggaKerajaan Sriwijaya.

 

Sumber: http://www.gosumatra.com/kota-palembang/