Berita


Palembang, 07 April 2016

Mulai 1 April, PT Angkasa Pura (AP) II akan menaikkan tarif passenger service charge (PSC) atau tarif jasa pelayanan penumpang pesawat udara (PJP2U) di tujuh bandara yang dikelolanya. Ke tujuh bandara tersebut, adalah Soekarno-Hatta Tangerang, Halim Perdanakusuma Jakarta, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Bandara Minangkabau Padang (BIM), Sultan Iskandar Muda (SIM), Silangit Tapanuli Utara, dan Supadio Pontianak. Untuk Bandara SMB II Palembang, penerbangan domistik naik dari Rp35.000,- menjadi Rp50.000,- dan untuk penerbangan internasional tetap Rp100.000,-.

Biaya PSC yang kini sudah disatukan dengan tiket penumpang itu mengalami kenaikan rata-rata 25 persen dari tarif lama. General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Palembang, Iskandar Hamid mengungkapkan, penetapan kenaikan tarif tersebut dilakukan semata-mata untuk melakukan perbaikan pelayanan jasa penumpang pesawat udara. “Kenaikan yang akan berlaku mulai April tersebut hanya untuk jasa penumpang domestik. Sementara untuk penerbangan international tetap menggunakan tarif lama,” kata Iskandar.

Dijelaskan Iskandar, biaya kenaikan PSC akan digunakan untuk peningkatan layanan dan kenyamanan di bandara SMB II. Sejauh ini pihak AP II Cabang Palembang selaku otoritas pengelola bandara sudah melakukan penambahan dan pembenahan fasilitas, mulai dari penabahan troli untuk mengangkut barang, fasilitas umum, ruang tunggu keberangkatan, perlengkapan pengambilan bagasi hingga penambahan tempat untuk check in. (kuroro)